>Cara paling praktis dan cepat install komputer

>


komputer adalah sebuah perangkat yang bisa beroperasi jika ada perangkat lunak yang bekerja dengan baik. Misalkan anda menggunakan windows untuk menjalankan komputer sobat, banyak hal sering terjadi pada windows seperti erorr karena virus, dll. Jika komputer sobat erorr yang disebabkan karena rusak pada perangkat lunaknya, biasanya sobat akan menginstall ulang komputer. Tapi terkadang kita malas untuk menginstal ulang karena memerlukan waktu yang cukup lama.

Nah sekarang saya akan memberi tips cara menginstall komputer super cepat dengan menggunakan norton ghost, waktu yang diperlukan sekitar 5-10 meit.

Menu-menu yang bisa kita gunakan dari Norton Ghost ini dalah:
BACKUP yaitu menu untuk membeckup seluruh software yang telah terinstall di komputer menjadi sebuah File Image.
RESTORE yaitu menu untuk mengembalikan keadan komputer dengan File Image yang telah di bacukup. Jadi ketika komputer sobat mengalami kerusakan software, sobat bisa merestore File Image untuk mengembalikan seperti keadaan semula pada waktu baru di install, akhirnya komputer sobat bisa segar kembali seperti baru di install.
CLONE Clonning harddisk berguna untuk menginstall harddisk yang belum terinstall windows sehingga sangat menghemat waktu.

Kemudian masih banyak lagi menu yang bisa kita gunakan dari Norton Ghost. Silahkan saja download dibawah ini software Norton Ghost dan panduan penggunaannya seperti cara backup, restor, clone, Membuat Norton Ghost Boot Disk, Menggunakan Norton Ghost lewat boot Disk dan tips penggunaanya.

download disini Norton Ghost
download disini Panduan pengunaan Norton ghost

atau bisa juga dengan cara berikut ini:

    Nyalakan PC dan dengan beberapa langkah lagi PC pun siap Anda nikmati.

   Sabar. PC memang telah selesai Anda rakit, tapi perlu beberapa pengesetan lagi sebelum 
   bisa Anda pakai. Dan kali ini singkirkan deh obeng dan peralatan lainnya.
  Yang Anda perlukan cuma tak-tik pada kibor atau klak-klik dengan mouse saja, karena Anda tinggal mengeset BIOS dan menginstal sistem operasi saja. Pada praktik ini kami menggunakan sistem operasi Windows XP Profesional (Original)O ya, jika Anda menemukan masalah, jangan buru-buru panik. Anda bisa melihat berbagai kemungkinan penyebab dan solusinya pada bagian troubleshooting di akhir laporan ini. 

MENGATUR BIOS 
LANGKAH 1
Hubungkan monitor, kibor, mouse dan peranti lainnya pada PC. Jangan lupa tancapkan kabel power ke port power di belakang PC. Sesudah itu, tekan tombol power pada PC dan monitor untuk menghidupkan komputer rakitan Anda. PC segera melakukan proses booting.

LANGKAH 2
Segeralah menekan tombol [Delete] pada kibor untuk masuk ke menu BIOS/CMOS Setup.

LANGKAH 3
Anda akan masuk BIOS. Pada workshop ini, motherboard yang kami gunakan menggunakan AwardBIOS. Jadi langkah-langkah berikut ini disusun berdasarkan AwardBIOS. Pengaturan untuk jenis BIOS lainnya kurang lebih sama saja kok. Nah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeset waktu yang akan digunakan oleh sistem komputer. Aturlah melalui menu [Main] [System Time]. Untuk mengubahnya, gunakan tombol [+], [-] dan tombol [Tab] pada kibor Anda


LANGKAH 4
Selanjutnya, dengan cara yang sama, ubahlah tanggal pada sistem komputer Anda melalui menu [System Date].

LANGKAH 5
Setelah mengeset waktu dan tanggal dari sistem, jika mau, Anda juga dapat memasang password BIOS agar orang lain tidak dapat mengubah setelan BIOS yang Anda buat. Caranya, pilih menu [Supervisor Password], lalu tekan tombol [+] pada kibor. Selanjutnya, masukkan password Anda pada boks Enter Password, lalu klik [Enter]. Masukkan kembali password Anda pada boks Confirm Password, kemudian kembali klik [Enter]. Nah, sekarang status opsi Supervisor Password pasti menjadi Enabled.


LANGKAH 6
Bila PC Anda akan dipakai beramai-ramai, Anda juga bisa mengeset user password untuk masing-masing pengguna. Manfaatkan saja menu [User Password]. Cara mengesetnya sama saja kok dengan pengaturan pada supervisor password.


LANGKAH 7
Sekarang bukalah menu [Advanced] dengan menekan tombol [‡] (arah panah ke kanan) pada kibor Anda, lalu pilih [I/O Device Configuration] kemudian [Enter].

LANGKAH 8
Di sini Anda dapat mengatur penggunaan fitur onboard pada motherboard Anda. Misalnya, bila Anda menggunakan kartu suara dan modem yang bukan on-board, ubahlah opsi [Onboard AC97 Audio Controller] dan [Onboard AC97 Modem Controller] menjadi [Disabled] dengan menekan tombol [+] pada kibor Anda. Selanjutnya klik [Esc] untuk kembali ke menu [Advanced].

LANGKAH 9
Sekarang pilih opsi [PCI Configuration] lalu tekan [Enter]. Kemudian agar slot USB Anda berfungsi set opsi [USB Function] menjadi [Enabled]. Jika belum, Anda bisa mengubahnya dengan menekan tombol [+]. Jika sudah, kembali ke menu [Advanced] dengan menekan tombol [Esc].

LANGKAH 10
Selanjutnya Anda dapat mengubah manajemen penggunaan listrik dari komputer melalui menu [Power] dengan menekan tombol [‡]. Namun untuk mudahnya, tak usah mengubah hal apa pun dalam pengaturan ini.

LANGKAH 11
Selanjutnya buka menu [Boot]. Nah, untuk memudahkan penginstalan sistem operasi yang akan dilakukan setelah ini, ubahlah pola boot dari PC. Set CD ROM sebagai boot device pertama, kemudian hard disk sebagai boot device ke dua dan floopy boot device ke tiga, dengan menggunakan tombol [+] atau [-]. Gunanya, agar tiap kali booting, komputer mencari adanya sistem operasi di CD-ROM dulu, baru kemudian hard disk, dan floopy.


LANGKAH 12
Masukkan CD instalasi Windows XP ke CD-ROM drive. Setelah itu, pilih menu [Exit] [Exit Saving Changes] untuk keluar dari BIOS dan menyimpan pengaturan yang Anda buat barusan. Selanjutnya komputer akan restart. Dan jika Anda tadi mengaktifkan user password, maka akan muncul bok password. Isi password tersebut agar komputer dapat melanjutkan proses booting.
Sumber : komputeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s