>Rutusu’ ( Cacing laut/ cacing berkaki) untuk UMPAN

>

Pernahkah anda melihat/ mepergunakan Rutusu’ ( Cacing laut/ cacing berkaki) sebagai umpan pancing….

banyak orang menggunakan udang hidup saja sebagai umpan untuk memancing….. tetapi sebenarnya Rutusu’ juga bagus sebagai umpan alternatif dalam mancing.

Rutusu’ (Cacing Laut)

Rutusu’ itu jenis cacing laut yang berkaki banyak dan berwarna putih kemerahan atau yang tak berkaki berwarna kehitaman seperti belut mas.  jenis ini hanya ada di pantai berpasir putih dan berdasar karang. Cacing ini biasanya berada di batas antara air dan pasir, saat air surut adalah waktu yang tepat untuk mencarinya. Cara mencarinya kita tinggal mengeruk pasir yang sudah diketahui ada cacingnya ( karena biasanya lokasinya sudah diketahui).
Kalau untuk jenis cacing yang kedua biasanya berada di muara2 sungai atau pantai berpasir hitam, cara mencarinya dengan alat seperti sabit tapi tidak tajam, caranya alat itu ditancapkan di pasir kemudian ditarik mundur, dan dengan sendirinya kalau ada cacing yang terlewati alat ini akan tersangkut dengan sendirinya. Sebetulnya alat inipun bisa digunakan untuk mencari jenis cacing yang pertama asal dasarannya rata.Contoh Rutusu’ : Suka umpan yang mana ? .

Rutusu’ (cacing laut) juga bisa kita jumpai di sekitaran pohon bakau (tepi pantai)di lumpur tanah yg agak keras, dikedalaman sktr 30cm, gali aja pake bilah bambu ato yg lebih bagus sih pake tangan, karena gerakan cacing ini cepat skli…cacingnya kecil agak kemerahan.

akan tetapi kalau malas mencari, kita hanya siapakan Rp 10.000, cukup buat mancing seharian,

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s